4 Tips Merawat Selimut

| |


Cuaca dingin membuat kita menjadi lebih akrab dengan selimut. Hal yang paling nyaman dilakukan ketika angin berhembus kencang dan hujan yang deras adalah melingkar di bawah selimut yang hangat dan nyaman. Untuk merawat  perlengkapan tidur satu ini memang gampang-gampang susah ya. Jika sampi salah melakukan perawatan, bisa-bisa selimut kesayangan menjadi korban. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan di rumah untuk merawat selimut agar tetap awet, bersih dan tentunya nyaman untuk digunakan:

1. Hindarkan dari Air
Apabila selimut berjenis quilt, hal utama yang harus diperhatikan adalah sebisa mungkin hindarkan selimut dari air. Jika perlengkapan tidur ini kotor, bersihkan saja menggunakan mesin penyedot debu yang ujung pipa penyedotnya ditutupi dengan stocking nilon.

2. Angin-anginkan di luar ruangan
Untuk menjaga agar selimut tidak bau apek dan timbul jamur, sebaiknya sering dijemur di luar ruangan agar terkena angin. Apabila selimut tersebut baru, jangan lupa melakukan penjemuran ini dua minggu sekali untuk menghilangkan bau serat kain yang kadang membuat sebagian orang merasa tak nyaman. Saat proses penjemuran, pilihlah lokasi yang sejuk dan hindari sinar matahari langsung karena dapat merusak serat kainnya.

3. Mencuci dengan mesin
Apabila selimut masih bagus dan terbuat dari bahan katun serta tak ada benang yang terurai atau lepas, maka bisa dicuci secara manual dengan menggunakan tangan atau memanfaatkan bantuan mesin cuci. Jangan lupa untuk memilih teknik gentle cycle jika mencucinya dengan mesin.

Rendam perlengkapan tidur ini sebentar dalam mesin cuci kemudian gunakan tangan untuk membolak-balik selimut dengan air campuran deterjen. Untuk membuat selimut lebih harum dan lembut, gunakan softener yang aman untuk perlengkapan tidur satu ini.

4. Mencuci dengan tangan
Apabila selimut sudah berusia beberapa tahun, sangat disarankan untuk mencucinya menggunakan tangan saja. Dikhawatirkan, jika perlengakapan tidur ini dicuci dengan mesin, serat kainnya akan rusak. Untuk mencucinya, pertama-tama isi bak dengan air hingga penuh. Setelah itu, masukkan pelembut pakaian dan kemudian aduk hingga tercampur. Terakhir, masukkan selimut dan rendam selama 5 menit.

Agar selimut tidak lecek, jangan lupa untuk melipatnya dengan rapi terlebih dahulu sebelum direndam. Hindari memeras selimut yang serat kainnya sudah rusak. Jika tempat jemuran cukup besar, jemur selimut dengan dibentangkan. Sementara jika tak cukup, lipatlah selimut agar tak merusak seratnya.

Tentunya, Anda juga menginginkan tidur melingkar di bawah selimut kesayangan yang nyaman digunakan, bukan? Cobalah lakukan beberapa tips tersebut untuk menjaga perlengkapan tidur agar tetap awet dan tak mudah rusak. Selamat mencoba! 

Diberdayakan oleh Blogger.